Sabtu, 01 Juni 2013

Menghitung Masa Subur

cara menghitung masa suburCara menghitung masa subur sangat penting dilakukan oleh pasangan yang ingin segera memiliki momongan. Sayangnya, karena terbatasnya pengetahuan dan informasi yang didapat tidak semua wanita tahu cara menghitung masa subur mereka. Sebagian merasa bingung dan bertanya-tanya apkah dirinya sedang dalam masa subur atau tidak?

Perhitungan masa subur akan semakin sulit buat wanita yang ingin cepat hamil namun memiliki siklus haid yang tidak teratur setiap bulannya. Namun jangan khawatir karena ada parameter lainnya yang dapat dijadikan acuan untuk mengetahui masa subur Anda. Cukup ikuti tips dan cara menghitung masa subur dibawah ini sampai selesai dan Anda bisa memilih metode-metode yang tepat untuk mengoptimalkan upaya cara cepat hamil Anda.

4 Cara Menghitung Masa Subur

1. Sistem Kalender
Cara menghitung masa subur dengan perhitungan kalender lebih cocok dilakukan oleh wanita yang memiliki siklus haid teratur (paling tidak setiap bulannya menstruasi). Idealnya, seorang wanita memiliki rerata siklus haid selama 28 hari, dapat berkurang atau bertambah yang dipengaruhi oleh banyak faktor.

menghitung masa suburDengan asumsi siklus haid 28 hari, maka hari pertama dalam siklus menstruasi tersebut dihitung sebgai hari ke 1. Masa subur dimulai dari hari ke 12 sampai hari ke 16 dalam satu siklus haid tersebut.

Sebagai contoh apabila Anda mendapatkan mentruasi pertama pada tanggal 3 Juli, maka itu ditandai sebagai hari pertama siklus haid Anda. Dari situ didapatkan hari ke 12 nya jatuh pada tanggal 14 Juli dan hari ke 16 siklus haid jatuh di tanggal 18 Juli. Dari perumpamaan tersebut masa subur di rentang tanggal 14-18 Juli.

Oleh sebab itu periode tanggal tersebut adalah saat terbaik bagi Anda yang mencari tips cepat hamil untuk berhubungan intim dengan pasangan Anda. Disarankan juga sebelum mendekati periode awal kesuburan untuk “berpuasa” berhubungan selama beberapa hari untuk lebih mengoptimalkan kualitas sperma dalam membuahi sel telur.

2. Getah Lendir Serviks
tip menghitung masa subur serviksCara menghitung masa subur dengan metode kedua ini dilakukan lewat pemeriksaan getah lendir (mukus) dari mulut rahim (serviks). Metode mengetahui masa subur ini ini dapat dilakukan sendiri dengan cara diperiksa setiap hari dan sebaiknya pagi hari setelah bangun tidur.

Pada periode waktu subur ini terjadi perubahan yang bersifat spinbarkeit, yakni lendir lenturm lengket seperti agar-agar dan tidak putus jika dipegang. Karena metode ini butuh waktu untuk terbiasa ada baiknya bila Anda masih belum yakin bisa diperiksa di laborat untuk memastikannya. Lendir yang terjadi pada periode subur akan berbentuk seperti daun pakis apabila dilihat pada objek gelas dengan menggunakan mikroskop.

Mungkin ada yang mengira ini berasal dari vagina namun sebenarnya lendir ini berasal dari rahim, dan kondisi lendir pada masa subur tersebut berguna sekali untuk memudahkan sperma bergerak menuju sel telur supaya memperbesar kemungkinan terjadinya pembuahan.

3. Metode USG
Cara menghitung masa subur dengan pemeriksaan USG serial ini dengan melihat kelenjar telur, perkembangan terjadi sel telur hingga menjadi matang dan siap keluat (ovulasi). Cara ini salah satu yang disarankan untuk wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur.

Dengan pemeriksaan serial 2-3 hari ini bisa diketahui siklus menstruasinya, tanggalan haid  sampai tanggalan timbul ovulasi. Perkembangan yang dipantau terus hingga terjadi ovulasi akan sgera dilakukan pencatatan pada hari keberapa masa subur terjadi dihitung dari hari pertama mendapatkan haid.

4. Memakai Software Penghitung Masa Subur
Terdapat juga metode menghitung masa subur dengan memakai software yang diinstal pada komputer. Dengan software (tools) ini Anda cukup memasukkan input tanggal hari pertama haid dan siklus menstruasi Anda, setelah itu software akan memberikan input data berupa tanggal perkiraan masa subur.



Sebelum beranjak dari halaman ini, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk memberi Like dan Share serta G+1 pada artikel ini, dengan demikian artikel ini juga dapat dibaca oleh sahabat, teman dan orang terdekat Anda serta orang yang membutuhkannya.

Untuk menambah wawasan Anda dalam memahami agama-agama lain, kunjungi juga Kaweruh Transparan , sebuah blog yang memaparkan perjalanan spiritual agama-agama yang ada di muka bumi ini. Terimakasih atas kunjungan Anda dan salam sukses untuk Anda sekalian..... Rahayu..!
 
Poskan Komentar