Rabu, 24 Juli 2013

Mengapa nyamuk seneng banget terbang di sekitar telinga

Serangan nyamuk akhir-akhir ini sangat membabi buta. Bayangkan kita sudah memakai obat nyamuk oles dan elektrik, masih saja di serang. Cara konvensionalpun sering dicoba, seperti Obat nyamuk bakar sampai obat nyamuk godok dan goreng tetap gak mempan. Benar-benar keterlaluan ! 

Nyamuk memang mempunyai hobi unik, Yaitu menghisap darah. Uniknya lagi, kenapa ya mereka seneng banget terbang di sekitar telinga ? 

Ternyata ada fakta unik tentang kebiasaan nyamuk ini. Berikut faktanya :
  • Telinga adalah bagian kepala. Di bagian kepala, ada kelenjar keringat yang jika mengeluarkan keringat, akan tertahan oleh rambut. Aroma dari keringat yang tertahan rambut itu yang disukai oleh nyamuk. Seseorang yang keramas jarang di hinggapi nyamuk di kepalanya, bedakan dengan seseorang yang tidak keramas, apalagi gak mandi. Bandingkan juga dengan seseorang yang berkepala gundul dan yang berambut gondrong, pastilah yang berambut gondrong lebih disukai nyamuk. Mungkin tuh rambut, sekalian buat sarang n apartement mewah buat nyamuk ya ? Makanya,. Mau jauh dari nyamuk, potong gundul aja,. Hahaha.. 
  • Telinga adalah bagian yang memiliki suhu yang mendekati suhu inti tubuh. Artinya suhu di telinga lebih tinggi dari bagian tubuh manapun. Hal ini disebabkan Membran tympani hanya berjarak 3,8 cm dari hipotalamus. Selain itu, darah pada arteri karotis internadan eksterna, adalah pembuluh darah yang menyuplai hipotalamus dan membran tympani. Hewan nyamuk terbang dengan mendeteksi panas. Sehingga telinga masuk radar nyamuk tuh, dia tertarik pada panas di daerah telinga.

Nah, itulah alasan mengapa nyamuk suka terbang ngang nging di dekat telinga dan kepala. Untuk mengatasi hal itu, ada cara unik tanpa biaya dalam mencegah nyamuk menggigit kita. Sebelum tidur pakailah selimut yang menutupi sekujur tubuh dari kepala sampai ujung kaki. Kecuali lubang hidung. Nah, pasti aman dari gigitan nyamuk dan tidur jadi pulas,.. sampai pagi. Hehehe.. Yang jelas,. pakai kelambu, pasti aman..

Tidak ada komentar: