Jumat, 10 Januari 2014

Sansevieria alias Si Lidah Mertua



Sansevieria alias Si Lidah Mertua punya banyak kelebihan, seperti mampu bertahan hidup pada rentang waktu suhu dan cahaya yang sangat luas, sangat resisten terhadap polutan (polusi) dan mampu menyerap 107 jenis polutan (Racun yang bertebaran di udara) di daerah padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok.

 1.   Di dalam ruangan, sansevieria bisa menangani sick building syndrome, yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi gas korbondioksida, nikotin dari rokok dan penggunaan AC. Satu tanaman sansevieria trifasciata lorentii dewasa berdaun 4/5 helai dapat menyegarkan kembali udara dalam ruangan seluas 20 m persegi.
2.  Jika ditempatkan di dalam kulkas dapat menghilangkan aroma tidak sedap. Dalam lingkungan industri potongan daun ini disebarkan di ruang-ruang produksi industri untuk mereduksi senyawa beracun yang terhirup oleh pekerja.
3.   Dapat mereduksi radiasi gelombang elektromaknetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi. Maka baik jika tanaman ini ditaruh di samping komputer atau televisi.
4.     Getahnya dapat digunakan sebagai obat antiseptik
5.   Akarnya dapat dimanfaatkan sebagai penyegar rambut/tonik dan obat wasir
6.      Daunnya bila dibakar dapat menyembuhkan sakit kepala,
7.   Juga bisa untuk merangsang pertumbuhan rambut
8.  Mencegah diabetes, anti oksidan, pencegah kanker, tumor,asam urat dan migrain (bila di rebus dengan air).

Ambil 1 atau 2 helai daun Sansevieria alias Si Lidah Mertua, lalu di rebus dengan 3 sampai 6 gelas air masak atau air galon. Setelah warna air berubah menjadi kehijau-hijauan, air rebusan didinginkan. Diminum sesering mungkin. Berikan jedah 1 sampai 2 jam bila akan meminum sari Sansevieria alias Si Lidah Mertua ini, dengan minum obat-obatan farmasi. Mengingat kemampuan Sansevieria alias Si Lidah Mertua  dalam menyerap racun, maka obat farmasi yang diterjemahkan racun oleh tubuh, akan kehilangan fungsinya dalam proses pengobatan karena dinetralisir oleh Sansevieria alias Si Lidah Mertua ini. (Puri Asih)

Tidak ada komentar: